Diberdayakan oleh Blogger.
Selamat Datang Di Blog Saya
RSS

ALAMAT ANEH,,,SATU - SATUNYA DI DUNIA

Penghuni kampung sibuk dengan aktivitas masing-masing. Sebagian kerja bakti merenovasi masjid, sebagian sibuk membersihkan halam­an rumahnya. Puluhan anak kecil bermain dan berlarian di sepanjang jalan menambah hidupnya suasana kampung.

Sekilas, pengunjung yang melintas di kampung ini akan berpikir penghuninya tidak memiliki masalah. Layaknya kampung lainnya di Kota Pahlawan, banyak fasilitas tersedia di kampung ini. Jalan berpaving, listrik 24 jam, dan air PDAM lancar.

Namun, siapa sangka kalau kampung yang dihuni 432 kepala keluarga (KK) itu hampir semuanya tak memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Berdasar data Kelurahan Bendul Merisi, ada 3.000 jiwa yang hidup di sana. Dari jumlah itu, yang harusnya memiliki KTP 1.200-an jiwa.

Inilah gambaran penghuni Kampung RT 00 RW 00 Bendul Merisi Jaya, Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo, yang memiliki luas 4,26 hektare. Sejak 1984 silam, penduduk kampung ini berjuang mencari KTP. Namun, perjuangan selama 27 tahun itu hanya sia-sia. Pemkot Surabaya tak pernah memenuhi keinginan itu.

Keberadaan RT 00 RW 00 ini merujuk pada KK penghuni yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) tahun 2002 lalu. Alamat langka ini pun masih digunakan hingga sekarang, sembilan tahun sejak diterbitkannya KK.

RT 00 RW 00 tak ada dalam peta tata ruang pemkot. Biasanya, pemkot menggunakan RT 01 RW 01 dan seterusnya. Tidak adanya pengakuan terhadap kepengurusan itu juga berdampak pada penghuninya. Warga di kampung ini tak kunjung mendapatkan pengakuan. Aneh, tapi itulah adanya.

Keberadaan alamat ini mengusik anggota DPRD Surabaya, Agus Santoso. Ia mengungkapkan, alamat ini aneh. RT 00 RW 00 tidak ada di dunia ini. Tapi, hanya ada di Surabaya dan satu-satunya di Indonesia.

Mengenai pengakuan dengan pemberian KTP, seharusnya semua warga negara Indonesia (WNI) berhak mendapatkannya. Aturan itu tertuang dalam pasal 2 UU 23/2006 tentang Adminstrasi Kependudukan. Bunyi pasal itu: Setiap warga negara wajib memiliki identitas kependudukan.

Lalu, mengapa pemkot tidak memberikan identitas pada mereka? Pertanyaan inilah yang selalu mengusik benak warga RT 00 RW 00. Meskipun sudah berjuang berpuluh-puluh tahun, mereka tak kunjung mendapatkan jawaban yang layak dari pemimpin pemkot yang sudah berganti lima kali ini.

Kampung Bendul Merisi Jaya IV ada sejak awal 1980-an. Saat itu, hanya ada 10 rumah saja. Namun, pada tahun 1982, penduduk bertambah banyak. Dulu, kampung ini berada di tengah-tengah antara dua tangki pengolahan minyak PT Pertamina.

Ketua RW XII Bendul Merisi Jaya Muhammad Cholil menceritakan, persis di kampung ini, PT Permina —sekarang PT Pertamina— berencana membangun perumahan untuk para pegawainya menjelang pensiun. Tapi, warga Bendul Merisi menolaknya. Warga beralasan, tanah itu dulu izinnya diperuntukkan instalasi minyak, ternyata tiba-tiba ada rencana PT Permina membangun perumahan.

“Tidak boleh (oleh warga). Akhirnya PT Permina tidak berani. Lalu mereka mencari lahan di kawasan Jemursari untuk perumahan pegawainya,” papar Cholil yang ditemui di rumahnya, Minggu (10/4).

Namun, semakin tahun, jumlah penduduk yang eksodus ke Bendul Merisi semakin tak terbendung, yakni antara tahun 1984 sampai 1990-an. Tahun 1993, angin segar datang kepada warga. Saat itu, ada perintah dari pusat, bahwa instalasi minyak PT Pertamina tidak diperbolehkan berada di tengah kota, semua harus dipindahkan ke pinggir pantai.

Pengolahan pertamina pun dipindah. Dua tangki pengolahan minyak di Bendul Merisi dibongkar. Usai pembongkaran itu, tahun 1994, banyak orang mengkavling tanah secara rame-rame.

Source : Surya, 19 April 2011
*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Untuk benduk merisi jaya. Atau dulunya bernama bendul merisi komp. Pertamina.
Dulu ada wajana untuk perumahan pegawai pertamina yg diangsur atau dicicil oleh pegawai pertamina tiap bulannya.
Tapi entah ditengah jalan angsuran untuk perumahan karyawan pertamina dibendul merisi komp. Pertamina dicabut sknya.
Sk tersebut dikeluarkan oleh pihak pertamina pusat.
Perumahan pertamina dibendul merisi dikhususkan untuk karyawan pertamin bukan untuk karyawan peetamina yang pensiun kayak yg diomongkan kholil.
Pegawai pertamina yg terlanjur mengangsur mendapat ganti di perumahan pertamina jemur dan perumahan pertamina ketintang atau meminta uang angsuran nya secara tunai.
Bendul merisi komp. Pertamina ada 10 rumah yg dulu dihuni pegawai pertamina sejak dibawah tahun 1979.
Dan waktu itu lurah salam.
Kholil masuk dibendul merisi sekitaran tahun 1987.
Warga bendul merisi atau warga bendul merisi jaya mulai ramai tahun 1990 sampai sekarang.

Unknown mengatakan...

Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

More than 160k men and women are trying a simple and SECRET "liquids hack" to lose 2lbs each night as they sleep.

It's effective and it works on anybody.

Here's how to do it yourself:

1) Get a drinking glass and fill it up with water half full

2) Proceed to follow this weight loss HACK

and you'll be 2lbs skinnier the very next day!

Posting Komentar